Tuesday, March 27, 2018

Social Venture


Bismillahirrahmanirahim

Mungkin ada dari beberapa orang mengajukan pertanyaan, Devi selama ini ngapain? IIP itu apa? Kenapa harus blogging? dan sebagainya.

IIP atau Institut Ibu Profesional adalah komunitas para ibu yang memiliki kepedulilan tinggi terhadap peningkatan kualitas hidup berbangsa dan bernegara melalui pendidikan anak dan keluarga.
Bisa disebut komunitas ini merupakan sebuah perkuliahan untuk para ibu yang ingin menjadikan dirinya lebih profesional dalam mendalami perannya.

Berkaitan dengan Nice Homework, kini saya dan teman-teman lain sudah sampai pada NHW terakhir, NHW #9, tentang Bunda sebagai Agen Perubahan.

Jika diruntut, NHW 1 sampai NHW 9 merupakan kesinambungan yang bisa mendukung para ibu untuk menjadi seperti apa yang tertulis diatas tadi. Ya, agen perubahan.

Yang bisa saya tarik sebagai kesimpulan, pada kelas Matrikulasi ini semua peserta perkuliahan diminta untuk merancang silabus serta kurikulum kehidupannya untuk menebar manfaat di lingkup keluarga dan sosial, secara passionate dan kontinyu. Sama halnya dengan sebuah sekolah, jika sekolah tidak memiliki silabus dan kurikulum yang jelas, akan apa visi misinya, indikator pencapaian setiap pembelajaran dan kegiatan, maka yang akan terjadi adalah sekolah dengan keputusan last minutes, tidak terarah dan sulit untuk mencapai satu tujuan yang jelas dan solid.

Di NHW 9 ini, saya diminta untuk mencari solusi terbaik diranah keluarga dan sosial memanfaatkan ketertarikan minat yang ada di NHW sebelumnya, untuk pada akhirnya bisa membuat social venture dengan rumus PASSION + EMPHATY.

Sebelum membaca lebih lanjut, apa itu Social Venture?
Adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social entrepreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social entrepreneur adalah orang yang menyelesaikan isu sosial disekitarnya menggunakan kemampuan entrepreneur.

My Personal Social Venture Targets


Passion atau ketertarikan minat saya ada dalam bidang pendidikan. Dan biidznillah saat ini saya menjadi seorang guru kelas satu SD di Noori Primary School. Saya juga sangat tertarik dengan dunia psikologi, terutama Child Psychology (psikologi anak) dan Human Psychology (psikologi manusia). Kebetulan, saat ini saya adalah salah satu mahasiswi yang sedang mengambil program studi Teknologi Pendidikan, yang memiliki mimpi untuk menjadi guru, pendidik, trainer serta motivator khususnya dalam bidang pendidikan anak dan orangtua.

Dalam pendidikan, niat untuk mencari uang sama sekali tidak cukup jika ingin menjadi seorang guru dan atau edukator yang profesional.

Karena mengajar dari hati akan memunculkan kepercayaan diri, semangat dan inovasi untuk membuat peserta didik menjadi lebih antusias untuk mencari dan mendalami ilmu.

Untuk mencapai social venture, dibutuhkan rumus passion + emphaty. Isu-isu sosial yang saya hadapi di sekitar keluarga serta masyarakat adalah anak-anak yang memiliki semangat yang sangat kurang untuk belajar, anak-anak yang kecanduan akan layar dan gadget, orangtua yang terlalu sibuk dan malas untuk memberikan stimulus lebih dalam masa-masa perkembangan anak, serta orangtua yang terjebak dalam ketidaktahuan tentang pendidikan anak.

Maka ide dan mimpi saya dalam hal ini adalah untuk merintis sebuah pre-school, playgroup atau kindergarten yang berbasis kepada pendidikan islam serta character building. Saya juga sangat ingin membuat perpustakaan anak atau taman baca sehingga minat membaca pada anak akan terus meningkat. Saya juga ingin mempelajari teknik serta menjadi story teller untuk anak mengingat kegiatan menceritakan cerita atau membacakan buku kepada anak merupakan salah satu cara efektif untuk menanamkan banyak nilai kehidupan. Selanjutnya, jika saya diizinkan untuk lulus dan berhasil dalam kuliah saya, saya ingin menjadi trainer untuk edukator dan guru-guru pra-sekolah serta sekolah dasar, serta ingin mencoba membuat buku cerita anak, dan ingin menjadi salah satu penyiar di sebuah radio pendidikan.

Those are my current jobs, current dreams, and insyaallah will be my future jobs. Aamin J

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.